Tidak Semua Orang Bisa Mendonorkan Darahnya, Benarkah?

Sekarang ini tengah meriah rumor faedah mendonorkan darah buat kesehatan belum juga pekerjaan ini yaitu aksi yg mulia sebab kedepannya kita bisa menolong saudara kita yg membutuhkannya. Untuk tiap tetes darah yg kita sumbangkan, badan dapat mereproduksi lagi darah dengan yg lebih fresh serta baru lewat organ yg dimaksud sumsum tulang. Tapi yg butuh dilihat perihal mulia serta sehatkan ini tentu saja tak dapat dikerjakan tiap orang sebab ada kriteria khusus yg diwajibkan supaya dapat jadi pendonor darah.

Seperti yg dilangsir dalam situs PMI DKI Jakarta prasyarat donor darah harus disahkan untuk menegaskan kalau darah yg kita sumbangkan itu sungguh-sungguh sehat, aman, serta terlepas dari penyakit. Ini penting untuk hindari infeksi serta penyebaran penyakit yg malah bisa membuat sang penerima lebih menanggung derita. Mengenai kriteria yg diwajibkan supaya dapat mendonorkan darah yaitu sebagaimana berikut.

Sehat jasmani serta rohani dan terbebas dari penyakit baik saya maupun akut
Telah berusia lebih dari 17 tahun sampai 65 tahun. Batasan usia ini disahkan untuk menegaskan badan telah berkembang lewat cara prima sampai-sampai dengan mendonorkan darah tidak mengganggu proses perkembangan sang donor
Berat tubuh sedikitnya 45 kg. Berat ini yaitu analisis berat tubuh sedikitnya buat rata-rata orang dewasa. Kurang dari berat itu di kuatirkan pendonoran darah malah dapat mengganggu kesehatan sang donor.
Tekanan darah dalam situasi normal. Ini bermakna buat Anda yg menanggung derita hipertensi atau sebaliknya tak diperbolehkan ikuti kegiatan pendonoran. Tekanan darah yg direkomendasi yaitu di antara 100-170 per 70-100
Selang donor yaitu sedikitnya 12 minggu atau 3 bulan semenjak donor awal kalinya atau optimal 5 kali dalam satu tahun. Masalah ini dapat memberikannya waktu untuk sumsum tulang dalam menghasilkan darah baru yg hilang karena donor awal kalinya
Meskipun telah miliki syarat-syarat di atas, semestinya calon pendonor tak menutupi kisah kesehatan yg dipunyai sebab penyakit yg dipunyai calon pendonor kedepannya dapat kian memperberat orang yg terima donor darah kita. Jadi baiknya calon pendonor terang-terangan terhadap petugas medis serta biarkanlah mereka yg memastikan apa darah Anda aman ataukah tidak.

Mengenai tipe penyakit yg penderitanya tak diijinkan untuk mendonorkan darah antara lain yaitu sudah pernah atau tengah menanggung derita penyakit hepatitis, penyakit paru serta jantung, kanker, sifilis, epilepsi, HIV/AIDS, penyakit darah, melakukan operasi besar dalam kurun waktu satu tahun paling akhir, ketergantungan alkohol serta narkoba dan tengah hamil. Maka bila Anda tengah ada pada kondisi di atas, jadi dapat diyakinkan Anda tak penuhi prasyarat donor darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *